Search This Blog

Loading...

Cara Flash Galaxy Tab GT-P1000 Gingerbread 2.3.6

Bahan - bahan

Ingat DWYOR "Do With Your Own Risk"
Tutorial Flash ini hanya untuk GALAXY TAB 7" GT-P1000 dengan sebutan lain Galaxy Tab yang generasi pertama

Tahap - tahap
  1. Siapkan semua bahan di atas
  2. Extract Firmware
  3. KIES harus ter-install di PC atau laptop
  4. Batterai Galaxy Tab minimal 75%
  5. Backup data Galaxy Tab
  6. Turn OFF Galaxy Tab 
  7. Menuju Download Mode (caranya)
  8. Buka Odin 3 v1.85
  9. Colok Galaxy Tab menggunakan kabel data
  10. Masukan gt-p1000.pit di kolom PIT
  11. Masukan Firmware yang berformat .tar.md5 ke kolom PDA
  12. Centang re-partition
  13. Start
  14. Tunggu sampai selesai
  15. Masuk ke Recovery Mode (caranya), tapi terkadang langsung otomatis menuju Recovery Mode
  16. Factory Reset dan Wipe Cache
  17. Reboot System
  18. Jika sudah 15 menit masi tetap di logo Samsung (seperti bootloop), Turn OFF Galaxy Tab
  19. Menuju Download Mode lagi
  20. Buka Odin3 v1.85
  21. Colok Galaxy Tab
  22. Masukan gt-p1000.pit di kolom PIT
  23. Masukan dbdata.tar di kolom PDA
  24. Start
  25. Selesai







Proses Wipe Factory dan Wipe Cache

Proses Flash dbdata.tar



Selamat mencoba ingat DWYOR "Do With Your Own Risk"
Good luck yaa
Salam Droider

125 comments:

  1. makasih mastah, work well rooting dan flashing nya makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bro..
      selamat mengoprek android yaa..
      salam droider :)

      Delete
  2. Thanks bro.. samsung tab gw balik lagi.. gara2 salah restore dari jellybean ke Gingerbread.. Firmware gw ilang.. untuk ada thread ini.. tab gw bisa dipake lagi.. udah sempat panik.. tp semua berjalan lancar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bro
      selamat bro klo gt, salam droider

      Delete
  3. gan kok odin yg versi Odin3 v1.85 gak mau kebuka ya, pas make odin yg lain gak mau ngebaca firmwarenya.... apa tuh firmware harus diganti formatnya jadi .tar ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan lama balasnya, itu firmware yang habis di donlod di extract dulu gan..
      ntar muncul file seperti ini "P1000XWJQ8_P1000AUTJQ1_P1000XXJPZ_HOME.tar.md5"

      nah file itu yg kita masukan ke Odin nya gan

      Delete
  4. salam masbro. . frmware nya vers asia gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh klo ga salah eropa bro, tp saya lupa negara apa...
      yg jelas bhs inggris nya ada, tapi klo bhs indonesia nya ga ada :)
      hehehe

      tapi nih dah saya coba fine2 aja koq galaxy tab nya..
      tidaka da bug ato gangguan fungsionalitasnya bro
      :)

      Delete
  5. kalo mau downgrade dari cwm ke gingerbread yang ini caranya sama seperti diatas gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh gan CWm sama gingerbread ga ada konotasinya gan..
      hehehe
      secara gingerbread itu adalah versi android, kemudian untuk CWM itu adalah recovery mode..

      Delete
  6. Dear Mastah Widi Prayogo,

    Saya mau minta masukan, saya punya GT-P1000 versi eropa (Itali) yang bundled dengan Tree (3). Setiap bootong muncul logo 3 bukannya Samsung, ada juga software bawaan seperti 3 cliente, dsb. GT saya sudah upgrade ke versi gingerbread 2.3.6. Saya mau ganti firmwarenya ke versi Asia sekaligus menghilangkan bundled logonya, tetapi setelah ditelusuri katanya cukup beresiko.

    Apakah memungkinkan untuk firmwarenya di ganti ke versi asia ? Mohon pencerahan dari mastah.

    Salam,
    Dewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh
      hmm klo agan berniat utk flashing pertama prinsip oprek android DWYOR "Do With Your Own Risk" alias resiko di tanggung sendiri gan..

      jadi secara tidak langsung kita sebelum oprek hrs benar2 memahami tutorial yg kita baca gan, agar tidak terjadi kesalahan proses..

      tapi saya saran klo agan ragu, mending ke service center gan utk minta flash ulang..

      permaslahan agan untuk menghilangkan bundle tri itu bisa di selesaikan dengan flashing ulang gan alias install ulang android agan

      Delete
  7. gan kok di keyboard tulisanya jadi null semua gan ?? tolongin gan.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan coba ulangi dari tahap ke 20 gan

      Buka Odin3 v1.85
      Colok Galaxy Tab
      Masukan gt-p1000.pit di kolom PIT
      Masukan dbdata.tar di kolom PDA
      Start
      Selesai

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. mas...mau nannya bisa gk sy dah pek ics mau up ke 2.3.6 bisaa langsung gk apa harus ulang lg kembalu ke stok room 2.3.3

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama balas, klo ICS kan lebih tinggi dari Gingerbread mas..

      2.3.6 itu Gingerbread soalnya, nah klo mas dah pake ICS ngapain di downgrade mas? hehehehe

      tapi ya itu terserah mas aja deh, caranya tinggal flash aja mas..

      Delete
  10. kalau Cara Flash Galaxy Tab GT-P1000 ke honeycomb atau ke ICS gimane gan ada tutornya???
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Galaxy Tab GT-P1000 jika ingin berpindah ke ICS caranya harus flash custom ROM gan, soalnya pihak Samsung tidak memberi update ICS untuk GT-P1000b gan.. Nah saya tidak ada tutorial flash custom ROM gan..

      Coba agan lihat di Forum XDA yang membahas custom ROM untuk Galaxy Tab, atau bisa join grup Galaxy Tab di Facebook gan..

      Saya saran sich ICS klo agan ingin update, jgn honeycomb gan
      hehe

      Delete
  11. Gw punya galaxy tab diupgrade dari gingerbread ke ics cyanogenmod 9. Tapi ga ada samsung apps , file manager. Udah gitu galxy tab gw di rooted. Kira kira bisa dikembaliin lagi da ke gingerbread.
    Kira kira tips yang dipost bisa digunain da. Tolong sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lama bls gan, bisa di kembalikan ke Gingerbread koq gan.. Cara kembaliin nya ya dengan flash seperti artikel di atas gan..
      Tapi klo agan ga yakin, bawa ke SSC aja gan pasti bisa di flash ulang ke Stock ROM Gingerbread

      Delete
    2. Kalo kita flash gingerbread . Kira kira ada masih ada samsung apps , all share, dll da ? Yang saya takutkan galaxy tab saya ke brick. Kira kira ada artikel cara merubah android yang ke root menjadi non root da

      Delete
    3. Selama kita flashing stock rom pasti apps bawaan samsung tetap ada gan..
      all share, kies air, dll apps bawaan samsung pasti iku masuk di gtab p1000 agan..

      untuk unroot saya blom pernah coba gan, makanya saya ga ada tulis artikel nya..
      hehehehe

      coba search di google aja gan, pasti buanyak koq yg share cara unroot gtab p1000
      secara gtab p1000 termasuk tablet yg banyak di dukung oleh developer gan

      Delete
    4. Kalo kita flash di SSC kira mesti perlu garansi da. Soalnya galaxy tab gw garansi nya uda abis gan. Bayar kalo flash di ssc

      Delete
    5. ya klo garansi dah abis kena biaya sich gan, heheheh

      hmm
      tp gimana lg, tergantung agan juga sich
      klo agan ingin belajar flash ya banyak gan tutor flashing galaxy tab, gw dulu belajar flash juga awalnya kawatir n ga yakin gan..

      gw baca2 tutor lbh dari 2 sumber yg berbeda untuk mencari apakah ada perbedaan ato mank semua sama untuk langkah2 flashing gtab gt gan..

      coba agan baca2 tutor dari sumber lain gan mengenai flashing gtab p1000 untuk lbh memastikan

      Delete
  12. Makasih banget gan, terutama rom dan pitnya.

    Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sip gan, selamat mengoprek
      salam droider ya

      Delete
  13. dbdata.tar itu fungsi nya untuk apa ya?
    saya sudah coba flashing berulang kali, tapi tetap gagal. mohon pencerahannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di perlukan jika setelah flash stock terjadi bootloop gan..

      Delete
  14. kang P1000 ane boothloop...dah download smua yg di ats.....tp mslhnya....pas msk donlod mode n proses dari ODIN,kok prosesnya lama bgt ya... apa mng gitu ya......???? mau tutup n ulang lagi ga brani neehh.....tlg pencerahannya ya kang.....
    Thx'z b 4.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin port USB nya gan, coba pake port USB lain gan..

      Delete
  15. gan bantuin dong, punya ane nih bermasalah nggak bisa masuk di star menu cuma sampai di mode samsung aja dan selalu mentok disitu. bisa nggak ane lakuin Flash Galaxy Tab GT-P1000 Gingerbread 2.3.6 supya bisa bagus kembali.. mohon penjerahan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa berhasil gan, saya sudah pernah coba flash di Gtab P1000 koq gan

      Delete
  16. itu yg dbdata.tar dapetnya darimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan donlod aja firmware nya di atas, coba lihat pasti ada file dbdata.tar nya gan

      Delete
  17. Gan, terimakasih tutorialnya...mau nanya kalo mau uninstall apps defaultnya yang ga kepake itu pake software apa ya?!?!terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk uninstall apps default bawaan firmware saya tidak pernah gan, biasa saya freeze aja tuh apps menggunakan Titanium Backup (wajib ROOT Device) di freeze tuh hanya mematikan service nya aja agar tidak memakan RAM.. tapi bukan menghapus untuk melegakan storage loh

      Delete
  18. salam....
    mo nanya recovery mode itu mksdnya apa dan wipe factory ato wipe cache artinya apa gan mksh sblmnya ,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam gan
      recovery mode itu fungsinya banyak gan, beberapa dari itu bisa digunakan untuk install custom ROM, Backup ROM, Wipe Factory (menghapus semua data di dalam internal storage, mengembalikan ke setting pabrik) dll..

      Delete
  19. Om mau tanya, samsung galaxy tab GT-P1000 punya saya, kemaren sempat reset, pas dihidupkan lagi muncul tulisan SIM NETWORK UNLOCK PIN, trus sampai sekarang ga bisa lagi pake SIM apapun, mohon bantuannya gan,...

    Terima Kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada kesalahan saat memasukan PIN simcardnya gan, apakah simcardnya di beri PIN?

      kalo ingin instant ya kembalikan ke stock rom bawaan pabrik gan dengan flashing stock rom..
      selama ini saya klo mengalami kendala yang cukup serius (bukan sampe brick) flashing stock rom termasuk jalan keluar nya gan

      Delete
  20. gan pas ane colok usbnya kayak ga detect, solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya pastikan KIES telah terinstall di PC ato Laptop agan.. Trus kalo masih tidak terdeteksi, coba pindah di port USB lain atau mencoba menggunakan kabel data galaxy tab lain (pinjam org lain)

      tp biasanya dengan mencoba port USB lain sudah ada kemungkinan gtab terdeteksi, lain halnya kalo kabel data galaxy tab nya ada patah di dalam kabelnya gan :)

      Delete
  21. kalo ane pas lagi downloading mode dicolok ga ke detect,tapi kalo mode biasa lancar aja.mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ga ke detect di ODIN?

      apabila agan dah mempunya bahan2 yg di perlukan untuk proses flash, coba tancapkan kabel data di port USB lain gan..

      Delete
    2. masukan dari saya........mode dubbuging usbnya kali blom d centang

      Delete
  22. gan, knp ya sdh kuulangi beberapa kali tetap aja masih di logo samsung? mohon pencerahan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah mencoba langkah ke 18 sampai selesai?
      coba untuk flash dbdata.tar gan..

      Delete
    2. ngeflash dbdata.tar gmn gan?

      sudah kuulangi langkah 18 gan. tetap sama

      Delete
    3. cara flash dbdata.tar itu ya ada di langkah ke 18 sampai akhir gan

      Delete
  23. maaf gan masi boot loop setelah langkah 18 sampai selesai dijalankan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bls gan..
      booting pertama kali setelah melalui proses flashing, memank membutuhkan waktu lbh lama drpd booting pada biasanya gan..

      tapi klo agan nunggunya sampai 15menit ya memank kategori bootloop sich, cuman selama ini saya tidak pernah bootloop setelah flash dbdata.tar nya itu gan..

      Delete
  24. Klau mau instal dbdata.tar dmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas yg mana mastah utk dbdatanya

      Delete
  25. di dalam firmware itu..
    coba donlod trus extract, tuh ada file dbdata.tar nya gan

    ReplyDelete
  26. •-̶̶•̸Ϟ•̸ °•·· τнäиκ чöü ··•° •̸Ϟ•̸-̶. Akhirnya bs mastah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sip gan
      hanya info apabila Odin3-v1.85 sudah saya upload ulang dikarenakan Odin3-v1.85 sebelumnya tidak bisa digunakan

      Delete
  27. Perhatian :
    Odin3-v1.85 sudah saya re-upload lagi dan bisa di download apabila membutuhkan
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  28. salam bro. mau tanya.. play store still boleh access kn..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam bro..
      play store gpp masih dapat di akses koq bro..
      ini Stock ROM asli dari samsung, tp punya wilayah Eropa bro..

      bahasa indonesia ga ada, tp klo bhs internasional bhs inggris masih ada

      Delete
  29. saat d logo samsung memang selama 15 menit ? kira2 agan coba brp menit ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo saya waktu selesai flashing ya kurang lebih 5 - 10 menit gan..
      kemudian untuk booting berikutnya yach lbh cepat ga sampe 2 menit udah masuk homescreen gan..

      coba untuk full wipe melalui recovery mode gan..

      Delete
  30. gan kok fail ya ? knapa ya gmana cara nya dah di ulang berkali2 apa emang kaya gitu atau memang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bls gan, klo sudah muncul tulisan fail ya gagal gan berarti..
      umumnya proses flashing makan waktu kurang lbh 10-15 menit gan, selesai proses flashingnya...

      kemudian untuk booting pertama kali juga sedikit memakan waktu, agak lama dikit di banding booting berikutnya..

      klo booting sampe 15menit ga selesai2 ya termasuk bootloop gan..

      Delete
  31. Gan Galaxy Tab P1000 ane bootloop udah ane coba buat flashing Stock Rom, tapi pas di ODIN mentok di HIDDEN dan g jalan2 karna kelamaan ( hampir 1 jam ) ane cabut lah kabel data dan di matikan GalTab nya .. tapi malah kena Soft Brick.. dan setelah ane pake aplikasi One Click Unbrick Gal Tab ane normal tapi pas di hidupkan antara suara dan animasi samsung tidak sama.. animasi deluan mutar bbrapa detik kemudia baru suarany muncul.. dan pas di logo samsung itu pun hampir setengah jam g masuk menu utama juga gan.. lalu ane putuskan untuk flashing lagi.. tpi tetap mentok di HIDDEN.. mungkin agan2 ada solusi biar GalTab ane bisa di benerin ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba untuk memakai port USB lain gan, soalnya nih saya pada saat proses flash juga menggunakan firmware di atas berjalan normal gan..

      pernah sempat berhenti di hidden, dan saya mencoba untuk memakai port USB lain akhirnya berhasil gan dan tentunya kabel data yg saya pakai ori dari samsung punya gan

      Delete
  32. mau nanyak mas bhro., p1000 saya g bisa masuk play store, setiap masuk mesti mental alias klwr lagi balik ke home.,., solusinya gmn???
    jawabanx bisa dikirim ke HananilUm@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas gan, hmm coba utk clear data di setting - apps - playstore (di clear data)

      tapi apabila agan sudah mencoba untuk flash ulang memakai stock rom, seharusnya kembali kebawaan pabrik pasti nya lancar gan tanpa bug..

      Delete
  33. Replies
    1. loh gagalnya kyk gimana dulu bro..
      nah kalo misal waktu proses flashing mati lampu itu termasuk gagal.. trus mao flashing eh galaxy tab nya ga detek ma odin itu juga kategori gagal, mao flash lupa install KIES (driver samsung) juga kategori gagal bro..

      Nah klo saya mengalami gagal, ya saya coba ulang TAPI kalo gagal 2x ya saya cari tutorial lain (kemungkinan tutorial awal salah)

      tapi yg jelas tutorial yg di atas nih, sudah saya buktikan keberhasilannya di galaxy tab gt p1000 langsung bro
      :)

      Do With Your Own Risk bro
      tapi klo agak bimbang mending ke service center saya sarankan bro

      Delete
  34. gan,bisa ga remote jarak jauh menggunakan team viewear.kita tinggal colok dari sini,ngikutin intruksi dari sana.berapa ongkosnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya kagak buka jasa gan, cuma sharing aja :)
      hmm
      gpp agan bingung yg mananya? mungkin saya bisa bantu perjelas gan..

      artikel di atas saya mengutip dari artikel2 di google dan saya pernah praktek in di galaxy tab GT P1000 berhasil gan

      Delete
  35. mas tab aya udah berhasil...
    tapi kok pada saat mau ngetik pake huruh apa pum... yang muncul tulisan LULL gimana cara senttingnya yahh.. makasaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lanjutkan langkah ke 19 gan


      - Menuju Download Mode lagi
      - Buka Odin3 v1.85
      - Colok Galaxy Tab
      - Masukan gt-p1000.pit di kolom PIT
      - Masukan dbdata.tar di kolom PDA
      - Start

      Selesai

      Delete
  36. kalo aku pake samsung usb drive bisa dah. Waktu aku install ke ICS aku pake Samsung USB Driver berhasil. Bisa dah yah kalo udah dibalikin ke stock semula simcard sama camera nya seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas gan, bisa dengan flashs tock rom gan.. bakal kembali ke setting pabrik..

      Delete
  37. master. setelah saya melakukan flash dengan cara di atas. apakah saya bisa melakukan upgrade os dari GB ke ICS atau JB?
    tolong saran dan masukannya.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas gan, cara di atas adalah proses flashing stock ROM (ROM standar dari Samsung gan) bukan custom ROM ICS ato JB

      Delete
  38. gan mang install nya lama ea...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga terlalu lama bgt gan, yg jelas ga sampe 1 jam lebih..

      Delete
  39. mas, kemarin saya upgrade galaxy gio saya ke jelly bean, tau gag cara kembali ke ginger bread?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya blom pernah pake galaxy gio gan..
      saya saran flash stock rom aja, tp saya tidak punya artikel flash stock rom galaxy gio krn saya tidak pernah pake itu handphone...

      coba di google aja gan, banyak pasti yg ada share tutorial flash stock rom galaxy gio

      Delete
  40. cara flash samsung glaxy gio gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, saya blom pernah galaxy gio, coba di google gan pasti banyak yg share tutorial flash stock rom galaxy gio

      Delete
  41. gan mau nanya kalo ke services center, mereka bisa naikin os kita ga si bro dari froyo ke ics ?
    kalo bisa kira" dananya mahal ga ?

    masih newbi mas maaf ya

    ReplyDelete
  42. gan mau nanya kalo naikin os dari froyo ke ICS
    di samsung center bisa ga ya ?
    kalo misalnya bisa mahal ga ya gan ?
    maklum masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di samsung service center mungkin mentok sampai Ginegrbread aja gan..
      soalnya Stock ROM asli Samsung punya untuk galaxy tab GT P1000 mentok sampai android gingerbread..

      klo mao pake android ICS ato android JB ya harus pake custom ROM gan

      Delete
  43. Bang numpang tanya td saya root tab saya pake metode laen sehabis reboot ad error di icon samsung sehabis itu malah ngereboot lg tetep icon samsung error yg td jd gmana bang? Kalo pk metode flash gmana bang? Bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, gan root dan flash itu dah beda artinya gan..
      hmm klo agan mao root yg pake metode root, metode flash ya utk flashing stock rom ato custom rom gan..

      nah cara di atas adalah metode flash stock rom (rom standart dari samsung)

      jd kesimpulannya klo agan menerapkan cara dari artikel di atas, agan ga akan pernah dapet ROOT di galaxy tab agan, tapi malah galaxy tab agan kembali ke settingan awal pabrik gan

      Delete
  44. gan ane mau tny ane kan downld pit di warnet pas mau dibuka ko g bisa y. mf ane newbee cz tab ane softbrick

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan, file .pit itu memank tidak untuk di buka gan tapi untuk di letak kan di odin pada saat kita ingin melakukan proses flashing stock rom gan

      Delete
  45. Makasih Gan Tab Proyo P.1000 ane udah sukses upgrade ke GB... sukses selalu buat agan dan klg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip2 gan terima kasih :)
      sukses juga buat agan, selamat mengoprek android gan

      Delete
  46. gan mau tanya nih.. saya kan udah ngeroot dan sukses trus saya upgrade ke adroid jelibeen 4.1
    tp ngerasa aneh aja makenya... saya mau mengembalikan ke awal gimana ya caranya... artinya donwgrade lagi ke pabrikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya coba di flash ulang aja gan, flash ulang memakai stock rom samsung punya gan

      Delete
  47. mau nanya gan,,ini bisa buat froyo jg gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama Galaxy Tab GT P1000 yg ada simcard nya bisa gan, malah klo Galaxy Tab P1000 di flash pake tutorial di atas ntar jd Android Gingerbread 2.3 gan..

      Tapi kalo Galaxy Tab seri lainnya seperti galaxy tab 2 galaxy tab 3 jgn di coba loh gan..

      Delete
  48. gan kalo di factory reset data yg ada di internal ilang ga?

    ReplyDelete
  49. mantap gan, akhirnya kembali seperti semula, walaupun gk ada bahasa indonesia nya :) (y)

    ReplyDelete
  50. Klo p1000 froyo bisa ngga ato harus 2.3 tpi sudah sy root

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa koq, ntar versi android nya akan menjadi gingerbread 2.3

      Delete
  51. gan sory melenceng dikit gan. . .
    gan punya tutorial BBM untuk android gingerbread g gan?
    klu punya minta tutorialny dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf blom coba install BBM di gingerbread gan..
      hehehe

      Delete
  52. ane sedot gan mantap poollllll.......

    ReplyDelete
  53. Thank yua gan,, tutorialnya mantab,, Ane Sukses..!!! hehe
    tp opst bahasanya gak ada yg indonesia ya gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan klo dah sukses :)
      iya ga ada bahasa indonesia gan, klo stock rom samsung versi indonesia seingat saya versi android nya 2.3.5 kalo ga salah

      ini versi mank punya luar negeri, tapi gpp gan, bisa teknik flashing yang tools nya apda pake bahasa inggris semua berarti tidak terlalu susah donk memahami android dengan bahasa inggris, hehe

      Delete
  54. gan kalo android ane udah di root gmna? apa caranya masih sama gan??

    ReplyDelete
  55. gimana caranya downgrade os jelly bean ke ICS galaxy tab 1 bro??
    mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal flash aja custom rom CM 9 gan..
      secara untuk Galaxy Tab GT-P1000 dari pihak Samsung hanya memberikan update sampai versi Gingerbread 2.3.6

      Delete
  56. Replies
    1. hehehe sukses ya flash nya gan, sip dah

      Delete
  57. untuk flashing Galaxy Tab GT-N7200 ada gak???
    saya butuh nih misalnya, bit sama Firmware Galaxy Tab GT-N7200

    ReplyDelete
    Replies
    1. heehehe
      mohon maaf gan, saya blom punya dan tepatnya blom pernah flashing galaxy note 3 GT-N7200..

      seharusnya step by step flashing galaxy series sama semua, coba agan googling aja pasti banyak yang sudah share tutorial flashing galaxy note 3, bahasa indonesia ato bahasa inggris seharusnya dah banyak yang share secara galaxy note 3 dah berkeliaran di Indonesia :)

      Delete